Saturday, March 14, 2015

METODE MENGATASI RASA CEMBURU

Perasaan cemburu bisa dialami oleh siapa saja baik pasangan yang masih pacaran ataupun yang sudah menikah. Rasa cemburu terhadap pasangan merupakan hal yang wajar asalkan tidak berlebihan.Untuk menghadapi rasa cemburu bukanlah sesuatu yang mudah. Meskipun telah berusaha maksimal, namun tidak sedikit hubungan yang gagal karena perasaan cemburu.

Kegagalan tersebut dapat terjadi karena beberapa hal, seperti salah satu pihak tidak mau mengalah, salah satu pihak merasa paling benar, dan sebagainya. Agar hubungan tetap langgeng dan harmonis berikut ada beberapa metode yang dapat kita gunakan untuk mengatasi rasa cemburu, diantaranya:

1. Bersama pasangan kita membuat daftar apa saja yang dapat memicu cemburu tersebut muncul.     Kemudian dari daftar tersebut kita membuat urutan mana saja yang paling memicu cemburu sampai yang paling tidak memicu cemburu.

2. Berlatih membuat bagian tubuh tertentu menjadi rileks.

3. Buatlah daftar perilaku apa saja yang membuat kita merasa bahagia. Kemudian urutkan mana yang paling berpengaruh sampai yang paling tidak berpengaruh.

4. Setelah mengurutkan dari yang paling berpengaruh sampai yang paling tidak berpengaruh, berikanlah skor pada setiap perilaku di daftar no 4 diatas. Ketika pasangan mencapai skor tertentu berikanlah semacam hadiah (yang telah disepakati bersama) untuk kedua belah pihak.
(ruangpsikologi/choir)

0 comments:

Post a Comment