Sunday, March 15, 2015

Mengenal Kepribadian Ganda



Kepribadian ganda atau Multiple Personality Disorder adalah suatu kondisi di mana kepribadian seseorang terpecah menjadi dua kepribadian atau lebih. Dengan kata lain, kepribadian ganda merupakan keadaan disorientasi berpikir tingkat akut yang menyebabkan penderita tidak sadar akan tindakan, perasaan, ingatan, dan identitasnya.
Sebentar sangat lembut, tapi di lain waktu dapat meledak-ledak.  Bahkan kadang mengambil kesimpulan secara sepihak. Kepribadian lain muncul karena adanya ketidakpuasan, rasa takut, trauma masa kanak-kanak, perlindungan diri, dan keinginan dari pribadi utama yang tidak dapat diwujudkan.

Dalam kesehariannya, dua pribadi yang muncul bisa saling mengenal dan bekerja sama. Akan tetapi dalam kasus tertentu, dua pribadi tersebut tidak saling mengenal dan sifatnya bertolak belakang. Dan penderita tidak menyadarinya.

 Gejala Kepribadian Ganda:

1. Depersonalisasi dan derealisasi
Penderita mengalami halusinasi visual. Penderita merasa terpisah dari dirinya serta mengganggap dirinya tidak nyata, di mana penderita merasa mengamati dirinya sendiri, layanknya menonton sebuah film.

2. Amnesia, distorsi, dan penyimpangan waktu
Penderita menemukan dirinya berada di suatu tempat dan kejadian tanpa sadar kapan dan bagaimana bisa sampai ke tempat tersebut.

3. Halusinasi auditori dan keinginan untuk bunuh diri
Penderita mendengar suara-suara di luar dirinya. Dalam beberapa kasus, muncul keinginan untuk bunuh diri.

4. Fluktuasi tingkat kemampuan dan gambaran diri
Proses switching kepribadian menyebabkan kemampuan dan gambaran diri penderita berubah-ubah sesuai kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing kepribadian.

5. Depresi
Depresi muncul karena penderita menemukan dirinya dalam suatu kondisi dan ia tidak dapat mengingat mengapa ia ada pada kondisi itu.
(psikologid/choir)

0 comments:

Post a Comment