Tuesday, June 30, 2015

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Saat Bulan Ramadhan

Selama bulan Ramadhan, tak sedikit energi yang dibutuhkan. Oleh karena itu, umat muslim perlu memperhatikan asupan makannya.

Anda perlu memperhatikan nutrisi dalam makanan. Selain istirahat yang cukup, makan yang sehat dapat membantu Anda tetap bugar saat berpuasa. Berikut makanan yang baik dikonsumsi saat bulan Ramadhan.

1. Buah-buahan segar
Untuk mengisi elektrolit yang hilang selama puasa, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan segar. Karbohidrat kompleks dan penuh serat dapat meningkatkan kadar glukosa secara bertahap dan membantu pencernaan.

2. Kurma
Tingginya kandungan vitamin A, B6, kalium, natrium alami, besi dan magnesium membuat kurma menjadi menu wajib saat bulan puasa. Kurma mengandung gula alami yang dapat memberi energi yang lebih saat melakukan salat malam.

3. Kacang mentah
Lemak baik yang terkandung dalam kacang mentah, membuat makanan ini dianjurkan untuk dikonsumsi saat bulan puasa.

4. Daging, ayam, dan ikan
Agar kenyang lebih cepat dan lama, konsumsilah protein seperti daging, ayam dan ikan.

5. Roti
Meski baik dikonsumsi saat bulan puasa, namun roti adalah opsi makanan bagi para pengikut diet.

6. Sayuran segar
Kandungan yang rendah kalori, tinggi serat, dan nutrisi lebih yang terkandung dalam sayuran dapat membantu pencernaan.

7. Air
Sekitar 1-2 liter air putih yang dicampurkan dengan 1 liter lemon, baik bagi hati. Vitamin C dipercaya baik untuk menghidrasi otot, mengurangi rasa lelah dan lesu. Demi kesehatan, hindari minuman berkafein seperti soda, kopi, dan teh selama 4-5 hari sebelum bulan Ramadan.
(GulfNews/choir)

0 comments:

Post a Comment