Friday, March 13, 2015

Bangkit dari Keterpurukan dan Belajar dari Kegagalan



Kehidupan tidak selamanya berjalan mulus seperti apa yang kita pikirkan. Berbagai macam tantangan, misalnya kehilangan pekerjaan atau orang-orang yang dicintai, disabotase, bangkrut dan lain sebagainya, bisa saja menyeret kita dalam keterpurukan. Setiap orang tentu pernah mengalami masa paling terpuruk dalam hidupnya. Bahkan karena perasaan tersebut beberapa dari mereka yang tidak kuat memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Hal itu hampir dilakukan oleh mahasiswa yang kini menjadi pengusaha online sukses dengan penghasilan ratusan juta rupiah per bulan, Aprie Angeline.


Berawal dari keputusasaannya menjalani hidup, wanita dengan sapaan akrab Angel itu kini bisa sukses meraih mimpinya. Angel mengaku hampir mengakhiri hidupnya karena perasaan sedih dan stres.

Perasaan tersebut ia alami ketika terpaksa masuk kuliah di bidang kedokteran demi membanggakan kedua orangtuanya. Ternyata jurusan tersebut sangat tidak sesuai dengan minatnya sehingga membuat wanita asal Sumatera Utara itu merasa terpuruk.

Masa-masa terpuruknya dialami ketika ia sudah merasa tidak kuat mengikuti pelajaran. Angel mengaku pernah membayar anak terpintar di kelas untuk mengajarinya. Namun tetap saja tidak mengubah keadaan dan semakin membuatnya stres.

Saat itulah, Angel mengaku akan mengakhiri hidupnya. "Pernah suatu kali saya malas kuliah, saya absen, ternyata menjadi masalah dan rumit banget sampai saya menangis. Pulang ke kos saya hopeless pengen bunuh diri, itu terjadi di 2009 akhir masih semester 1. Saya sudah siapkan Baygon tapi saat mau menenggaknya saya inget mama. Saya juga inget kan mau jadi orang terkenal kalau bunuh diri nggak bisa terwujud dong," ungkap Angel.

Akhirnya Angel mulai bangkit dari rasa terpuruknya dengan mulai menjalani bisnis MLM di 2010. Setelah satu tahun menjalaninya, wanita 23 tahun itu menyerah dan memulai bisnis online shop. Angel mengaku sudah gagal lima kali dan akhirnya berhasil dengan menjadi reseller dari salah satu produk kecantikan. Di 2012 baru mulai jual produk kecantikan yang awalnya pakai sendiri karena saya pikir kenapa nggak dijual ya," tambah wanita yang kini sudah keluar dari UGM dan melanjutkan pendidikan ke Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya itu.

Satu bulan setelah menjadi reseller dari salah satu supplier produk kecantikan di Jakarta, Angel sudah bisa meraup keuntungan sekitar Rp 3 juta. Wanita yang bertempat tinggal di Papua itu mengatakan promosi awal hanya lewat Blackberry Messenger (BBM), mulai dari berbagi pin hingga membuat BBM group.

Tak disangka penjualannya meningkat dua kali lipat di bulan kedua dan omzetnya sudah mencapai puluhan juta rupiah setelah enam bulan. Mahasiswi asal Sumatera Utara itu akhirnya memutuskan meluncurkan produk sendiri di pertengahan 2013 berupa perawatan rambut yang dilabeli dengan nama 'Angeline Hair Treatment' (AHT).

Produk perawatan rambut berupa shampo, kondisioner, dan hair tonic itu rupanya laris di pasaran. Pemilik toko online 'Billions Shop' itu sudah bisa meraup omzet hingga Rp 150 juta per bulan di awal 2014. Kini Angel mengaku telah berpenghasilan ratusan juta dengan omzet per bulan lebih dari Rp 230 juta.

Angel tak hanya menjual AHT tapi juga baru meluncurkan produk terbarunya berupa gula sehat yang diberinama Java Sweet Sugar (JSS). Promosinya juga tidak lagi hanya BBM tapi juga Twitter, Facebook, semua jejaring sosial termasuk iklan. Ia juga bekerja sama dengan beberapa e-commerce populer Indonesia.

"Bagi para anak muda, beranilah bermimpi karena dengan bermimpi kita bisa menggenggam dunia. Jangan menyerah, membuat goal, mau membayar harganya, mau susah, mau berproses hingga bisa meraih impian kita," kata Angel. (detik/choir)

0 comments:

Post a Comment